Ide fitur Marketplace: Informasi “Barang akan segera habis” untuk Penjual

Rata-rata Penjual online di Marketplace yang ramai itu bisa memiliki ratusan produk di toko mereka. Karena jumlah produk yang cukup banyak, para Penjual sering kesulitan untuk senantiasa memperbarui informasi stok produk mereka. Hal ini biasanya membuat para Penjual sering harus membatalkan pesanan karena ternyata stok barang sudah habis.

Bagaimana Marketplace bisa memperbaiki situasi ini melalui UI /UX yang lebih baik? Di post kali ini saya ingin berbagi tentang pemikiran saya.

Fitur ini untuk siapa?

Secara langsung: untuk para Penjual online di Marketplace.
– Memberikan informasi produk mana saja yang akan segera habis
– Mempermudah mereka memperbarui info stok barang

Secara tidak langsung: untuk para Pembeli, dan Marketplace itu sendiri.
– Jika para Penjual bisa memperbarui stok produk mereka dengan lebih baik, maka kemungkinan Penjual harus membatalkan pesanan karena ternyata stok barang habis, bisa dikurangi. Tentunya ini adalah User Experience yang lebih baik untuk Pembeli.
– Jika Marketplace bisa menekan angka pembatalan pesanan, maka Pembeli akan lebih setia kepada Marketplace tersebut.

Bagaimana Marketplace bisa memperbaikinya?

Banyak Penjual online biasanya tidak memiliki sistem pengelolaan stok barang terotomatisasi dalam bisnis mereka. Selama mereka tidak memiliki sistem inventaris yang terhubung langsung ke Marketplace online, ketidaksesuaian informasi stok pasti akan terjadi. Apalagi banyak Penjual yang berjualan di banyak Marketplace sekaligus

Para penjual adalah orang-orang yang sibuk, sering kali harus melakukan banyak hal sekaligus. Saya rasa sangat tepat untuk memberikan informasi yang akurat, dan sifatnya just-in-time.

Proposal: fitur “Barang segera habis” di halaman pengaturan barang

Rata-rata Marketplace sudah memiliki halaman daftar/pengaturan produk. Ide saya adalah untuk menambahkan informasi “Barang segera habis” seperti mock-up berikut ini:

Gambar 1: “Barang segera habis” di bagian atas halaman “Daftar produk”
Gambar 2: Jika ingin melihat daftar barang yang stok-nya tinggal sedikit.

Dengan menampilkan informasi ini di bagian paling atas dari halaman Daftar Produk, diharapkan para Penjual bisa mendapatkan informasi just-in-time mengenai produk mana saja yang harus mereka stok ulang.

Notifikasi

Tentunya fitur ini akan semakin berguna jika dipadukan dengan sistem notifikasi yang tepat waktu dan kontennya relevan:
– Pesan: Produk Anda “[Nama Produk]” hanya tersisa [x] barang.
– CTA: [Perbarui stok]

Jika Penjual mengetuk notifikasi tersebut, akan dibawa ke halaman Daftar Produk dengan informasi Barang Segera Habis di bagian atas.

Jika Penjual tidak bermaksud untuk menambah stok produk tersebut, mereka bisa mengabaikan notifikasi tersebut dan membiarkan stok habis dengan sendirinya.

Cara kerja “Barang segera habis”

Seperti bisa dilihat pada Gambar 1 di atas, di halaman Daftar Produk, akan ditampilkan 3 produk dengan stok yang akan segera habis. Sekarang ini saya beranggapan bahwa jumlah barang kurang dari 12 buah itu akan segera habis (namun angka ini akan bisa diatur oleh Penjual).

Di samping foto dan nama produk, Penjual bisa memperbarui jumlah stok barang dengan cepat. Konfirmasi bahwa stok barang berhasil diperbarui akan muncul 1 detik setelah Penjual mengubah angka stok barang, melalui pesan toast.

Gambar 3: toast konfirmasi pembaruan stok barang.

Kalau sistem gagal memperbarui stok, akan muncul pesan toast seperti ini:

Gambar 4: toast gagal memperbarui stok barang.

Jika ingin melihat daftar semua produk yang akan segera habis, Penjual bisa mengetuk “Lihat semua produk <12 (jumlah produk yang sesuai kriteria akan segera habis)”, kemudian Penjual akan dibawa ke halaman seperti yang bisa dilihat pada Gambar 2.


Bagaimana menurut kalian? Apakah fitur ini akan bisa membantu para penjual online untuk lebih awas terhadap produk mana saja yang akan segera habis? Apakah fitur ini akan mendorong para Penjual untuk lebih cepat memperbarui informasi stok barang? Atau mungkin ternyata sudah ada Marketplace yang menerapkan sistem serupa?

Bagikan pendapat kalian ya 🙂 Terima kasih sudah membaca.


Sebelum kamu pergi

Kalau kamu suka dengan artikel ini, gunakan tombol-tombol di bawah untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu, dan daftarkan email kamu untuk mendapatkan update jika ada artikel baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.