Mendaftar akun perpustakaan di Amerika dari Indonesia.

Belum lama ini saya baru tahu tentang OverDrive, sebuah layanan untuk meminjam media digital seperti eBook dan audiobook dari perpustakaan secara online menggunakan gadget yang kita miliki.

Sempat kecewa mengetahui bahwa untuk menggunakan OverDrive kita harus menjadi anggota perpustakaan yang tergabung dalam jaringan OverDrive terlebih dahulu, dan ketika mencari perpustakaan Indonesia di OverDrive ternyata hasilnya nol besar.

🙁

Jadinya muncul rasa penasaran, bisa ngga ya sebenarnya mendaftar sebagai anggota perpustakaan di Amerika meskipun dari Indonesia. Setelah menggunakan jurus Google-fu, akhirnya mendapatkan informasi bahwa ada beberapa perpustakaan Amerika yang memperbolehkan orang-orang yang tinggal di luar area mereka untuk mendaftar sebagai anggota secara online.

Pilihan saya jatuh kepada Fairfax County Public Library. Kita bisa menjadi anggota perpustakaan di sana dengan membayar iuran sebesar US$27 per tahun. Harga yang sangat menarik bukan?

Untuk mendaftar, cukup isi formulir Non-Resident Library Card Application di website mereka.

Update (2019-03-05): Link pendaftaran berubah menjadi link ini. Ketika memilih “State”, pilih pilihan “Non-Resident”.

Update (2020-03-06): Link pendaftaran “Non-Resident Library Card Application” yang baru.

Setelah itu, kita akan mendapatkan email berisikan informasi mengenai nomor kartu perpustakaan beserta link dan petunjuk untuk melakukan pembayaran iuran tahun pertama (paling mudah menggunakan kartu kredit).

Jujur saja waktu itu ngga nyangka akan bisa berhasil daftar, pas dapet emailnya kaget juga.

Done! Sekarang kita bisa mengakses perpustakaan digital Fairfax di OverDrive pada link berikut: https://fairfax.overdrive.com/

Per tanggal 2016–06–07, perpustakaan Fairfax memiliki 10704 eBook fiksi, 7392 eBook non-fiksi, 6912 audiobook fiksi, dan 3264 audiobook non-fiksi yang bisa dipinjam.

Tertarik untuk ikut mendaftar? Mungkin ada beberapa hal yang bisa saya jelaskan untuk menjadi pertimbangan lebih lanjut:

  1. Seperti perpustakaan fisik, perpustakaan digital ini hanya bisa meminjamkan eBook/audiobook dalam jumlah terbatas.
Buku yang sekarang menjadi film box office dengan rating yang sangat tinggi.

Bisa dilihat pada contoh di atas, perpustakaan ini hanya memiliki 10 salinan dari buku tersebut yang bisa dipinjamkan. Jika tertarik untuk mengantri, harus klik “PLACE A HOLD” dan untuk masing-masing salinan ada 7 orang yang sudah mengantri.

Tips: Wish list saja buku-buku yang menarik minat. Di dalam menu Wish list ada filter “Available now” untuk melihat buku-buku yang bisa dipinjam saat itu juga. Selama ini sih pasti ada saja buku yang sedang tersedia untuk dipinjam.

Contoh: saat ini ada 13 dari 61 eBook dan audiobook yang ada di Wish list saya sedang tersedia untuk dipinjam.

2. Di perpustakaan Fairfax, lama maksimum peminjaman eBook/audiobook adalah 21 hari.

Motivasi yang bagus untuk tidak menunda-nunda.

3. Jika ada judul yang tidak tersedia, kita bisa menyarankan agar perpustakaan tersebut bisa menyediakannya di kemudian hari.


Semoga informasi ini bermanfaat, dan bisa menjadi alternatif untuk kalian yang menginginkan akses yang lebih mudah untuk membaca eBook dan mendengarkan audiobook.

Salam kutu buku!

P.S: untuk yang penasaran seperti apa sih membaca buku di layar smartphone. Tampilannya seperti gambar di bawah. Saya pribadi lebih suka membaca eBook dengan background hitam agar mata tidak cepat capek.

Mungkin sudah saatnya untuk membeli eBook reader seperti Amazon Kindle? Hm…

Sebelum kamu pergi

Kalau kamu suka dengan artikel ini, gunakan tombol-tombol di bawah untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu, dan daftarkan email kamu untuk mendapatkan update jika ada artikel baru.

4 thoughts on “Mendaftar akun perpustakaan di Amerika dari Indonesia.”

  1. Terima kasih Pak infonya sangat bermanfaat. Apakah selain Fairfax County Public Library apakah ada perpustakaan lain yang menerima pendaftaran non-resident khususnya bagi orang-orang yang tinggal di luar US?

    1. Halo, artikel ini saya tulis tahun 2016 lalu. Setahu saya memang ada beberapa perpustakaan yang membolehkan non-resident untuk mendaftar. Namun kebanyakan definisi non-resident adalah penduduk Amerika Serikat yang tinggal di beda negara bagian. Jadi yang selama ini saya lihat, non-resident harus mendaftar langsung di tempat. Kalaupun ada pendaftaran online untuk non-resident, biasanya tidak ada pilihan di luar Amerika.

      Sejauh pengetahuan saya, yang bisa melakukan pendaftaran secara online untuk non-resident dari luar negeri, baru si Fairfax ini. Namun ini info 2016, mungkin sekarang keadaanya berbeda.

      Saya barusan coba search beberapa perpustakaan yang memperbolehkan non-resident mendaftar, namun sepertinya masih sulit untuk non-resident luar negeri:
      – Brooklyn Public Library
      https://bpl.bklynlibrary.org/card/?ref=outofstate

      – Charlotte Mecklenburg Library
      https://www.cmlibrary.org/getacard

      Ini *mungkin* bisa:
      – Greene County Public Library
      https://greenelibrary.info/nonresident/

      – Free Library of Philadelphia
      https://know.freelibrary.org/MyResearch/register/info
      Note: menurut salah satu artikel, bisa request manual melalui link berikut, jelaskan saja ingin kartu perpus namun tinggal di luar negeri: https://www.questionpoint.org/crs/servlet/org.oclc.admin.BuildForm?&institution=12274&type=1&language=1

      Beberapa bacaan tambahan:
      https://weightywords.net/best-non-resident-library-cards-for-overdrive-access/

      https://www.aworldadventurebybook.com/blog/libraries-with-non-resident-borrowing-privileges

      https://www.quora.com/How-can-you-get-a-library-card-online-from-U-S-A-Note-I-live-in-France

  2. Halo Mas Eka, terima kasih infonya membantu sekali. Saya ingin tanya apakah buku-buku yang dipinjam dari perpustakaan bisa dikirim untuk dibaca di Kindle?

    1. Sama-sama 🙂

      Coba di-cek saja pada bagian detail buku, bagian “Supports”.

      Untuk yang bisa dibaca menggunakan Kindle akan tertulis Kindle di bagian tersebut. Screenshot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *