Cari, install, dan update aplikasi di Windows dengan mudah menggunakan Chocolatey.

Kemungkinan besar, kalian yang membaca artikel ini memiliki dan menggunakan smartphone Android atau iOS. Ada kemungkinan yang cukup besar juga kalian menggunakan PC/laptop Windows.

Ketika menggunakan smartphone kalian, saya yakin kalian pasti mencari, install, dan melakukan update aplikasi melalui Google Play Store, F-Droid, atau Apple App Store.

Sebuah proses yang sangat nyaman bukan? Hampir semua aplikasi ada di satu tempat. Update juga dari satu tempat saja. Jika ada beberapa aplikasi yang butuh update, prosesnya bisa otomatis diantri hanya dengan klik tombol Update All.

Hal ini yang saya rindukan ketika memakai laptop kerja saya yang menggunakan Windows. Biasanya saya harus mencari, dan download dulu file instalasi dari website yang berbeda-beda. Jika ingin install Firefox, saya download dari firefox.com. Sama halnya ketika saya ingin install Chromium, KeePassXC, Spotify, Insync, 7-zip, draw.io, dan banyak aplikasi lainnya. Sebuah proses yang merepotkan, dan ada saja aplikasi-aplikasi yang belum memiliki fitur auto-update.

Jadi saya coba cari tahu apakah ada yang bisa saya lakukan di laptop Windows tersebut untuk bisa memiliki pengalaman mengurus aplikasi yang mudah seperti di Android atau iOS.

Chocolatey

Setelah mencari, saya menemukan Chocolatey, sebuah package manager untuk Windows. Menggunakan Chocolatey, kalian bisa mengurus aplikasi di Windows dengan sangat mudah, mirip seperti melalui Play Store / App Store jika di smartphone.

Instalasi aplikasi menggunakan Chocolatey biasanya cukup menggunakan aplikasi Command Prompt atau Windows PowerShell. Namun Chocolatey juga memiliki aplikasi GUI yang bisa diinstall, namanya Chocolatey GUI.

Menggunakan Chocolatey, kalian bisa install banyak aplikasi langsung sekaligus seperti ini:

Otomatis install sampai habis, tidak perlu ditungguin.

Atau seandainya kalian menggunakan Chocolatey GUI, kalian bisa melihat aplikasi apa saja yang sudah ketinggalan versi, dan bisa melakukan fungsi Update All seperti ini:

Sama, bisa otomatis update semua tanpa perlu ditungguin.

Tertarik? Kamu harus install Chocolatey dulu kalau begitu 😀

Install Chocolatey

Berikut adalah langkah-langkah untuk install Chocolatey:

  • Pastikan kamu bisa membuka aplikasi Command Prompt atau Windows PowerShell dengan akses administrator. Cara mudahnya klik tombol ⊞ Win + X dan pilih Command Prompt (Admin) atau Windows PowerShell (Admin).
  • Jalankan perintah Get-ExecutionPolicy. Jika hasilnya Restricted, maka jalankan perintah Set-ExecutionPolicy AllSigned atau Set-ExecutionPolicy Bypass -Scope Process. Chocolatey menyarankan untuk menggunakan Bypass untuk melewati semua kebijakan ketika melakukan instalasi, atau kamu bisa gunakan AllSigned jika ingin lebih secure. Saya sendiri menggunakan Bypass.
  • Jalankan perintah Set-ExecutionPolicy Bypass -Scope Process -Force; [System.Net.ServicePointManager]::SecurityProtocol = [System.Net.ServicePointManager]::SecurityProtocol -bor 3072; iex ((New-Object System.Net.WebClient).DownloadString('https://chocolatey.org/install.ps1'))
  • Tunggu beberapa saat.
  • Selesai! Mudah kan? 🙂

Jika kamu ingin menggunakan Chocolatey dari Command Prompt atau Windows PowerShell, ketik choco atau choco -? untuk melihat perintah-perintah yang tersedia.

Berikut adalah 3 perintah yang menurut saya paling penting:

  • Untuk install, jalankan perintah choco install [nama paket]. Untuk mendapatkan nama paket, kamu bisa cari di website Chocolatey. Sebagai contoh, mari kita coba install Chocolatey GUI dengan menjalankan perintah choco install chocolateygui
  • Jika ingin install banyak aplikasi sekaligus, jalankan perintah choco install [nama paket 1] [nama paket2] [nama paket 3] [dst]
  • Untuk uninstall, jalankan perintah choco uninstall [nama paket]
  • Untuk update semua aplikasi, jalankan perintah cup all -y

Kalau kamu sudah install Chocolatey GUI, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk mengurus aplikasi di Windows dengan tampilan yang lebih user-friendly.

Tampilan mencari aplikasi:

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, berikut adalah tampilan untuk melihat aplikasi-aplikasi apa saja yang sudah di-install di komputer kamu, mana saja yang sudah ketinggalan versi:

Di sini kamu bisa update satu-satu atau bisa update all. Bisa juga uninstall dari halaman ini.

Semenjak menggunakan Chocolatey, mengurus aplikasi-aplikasi yang ada di laptop Windows jadi jauh lebih nyaman. Apalagi semua aplikasi yang saya butuhkan tersedia melalui Chocolatey.

Semoga berguna dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Ciao.


Sebelum kamu pergi

Kalau kamu suka dengan artikel ini, gunakan tombol-tombol di bawah untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu, dan daftarkan email kamu untuk mendapatkan update jika ada artikel baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.