Tambahkan canonical link di Medium untuk meningkatkan SEO blog pribadimu.

Saya menulis artikel-artikel ini sebenarnya untuk blog pribadi saya. Namun saya menduplikasi artikel-artikel saya di Medium karena saya mengakui bahwa Medium adalah sebuah platform publikasi yang sudah jauh lebih matang, dengan jumlah pembaca yang juga jauh lebih besar.

Saya sendiri baru tahu bahwa jika kita posting konten yang sama di dua, atau bahkan beberapa platform yang berbeda, sebenarnya sangat penting untuk memberi tahu mesin pencari seperti Google, sumber mana yang memiliki otoritas lebih tinggi.

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan canonical link. Jadi jika kamu ingin memberi tahu mesin pencari bahwa sumber konten yang memiliki otoritas tertinggi adalah artikel yang kamu post di blog pribadi, maka kamu bisa menambahkan canonical link pada artikel-artikel kamu di Medium.

Kalau kamu menggunakan fitur Import a story di Medium, maka canonical link akan secara otomatis ditambahkan ke artikel tersebut.

Kalau kamu tidak menggunakan fitur Import a story, kamu bisa menambahkan canonical link secara manual, tapi opsi ini letaknya cukup tersembunyi di Medium.

Berikut caranya:

  • Masuk ke mode edit, baik dengan memulai artikel baru, atau dengan mengunjungi halaman artikel yang sudah ada, dan klik tombol ... di sudut kanan atas dan pilih Edit story.
  • Dalam mode edit, klik tombol ... di sudut kanan atas halaman.
  • Klik More settings.
  • Pada halaman More settings, pilih Advanced Settings dan pilih This story was originally published elsewhere.
  • Masukkan link artikel dari blog pribadi kamu, dan klik Save canonical link.
Tampilan menu canonical link di Medium.

Dengan ini, artikel yang ada di blog pribadi kamu seharusnya mendapatkan prioritas yang lebih tinggi di mesin pencarian.


Sebelum kamu pergi

Kalau kamu suka dengan artikel ini, gunakan tombol-tombol di bawah untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu, dan daftarkan email kamu untuk mendapatkan update jika ada artikel baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *