Semakin diperlihatkan, semakin digunakan

Hi semua, kenalin, gw Eka Wirya, sekarang ini kerja sebagai salah satu Product Owner di Tokopedia. Kebetulan sekarang megang modul Search & Discovery.

Sebenernya sudah cukup lama ingin menulis beberapa hal mengenai pekerjaan yang sepertinya layak untuk dibagikan dengan banyak orang. Toh, selama ini gw merasa sangat berhutang budi kepada orang-orang hebat yang dengan sukarela membagikan pengetahuan mereka di internet. I’ve learned a lot from them, so maybe it’s time for me to start sharing with the world as well as a way to give back. Semoga bermanfaat, dan maaf-maaf kalau di awal-awal kualitas penulisannya masih belum bagus 😛


Search, sesuatu yang bisa dibilang “sepele” dan sangat penting di saat yang bersamaan. Sepele ini maksudnya adalah karena search sudah menjadi fitur yang umum banget dan dianggap pasti ada di hampir semua layanan internet, apalagi e-commerce. Sebuah fitur yang “biasa” aja, namun user memiliki ekspektasi agar search bisa menampilkan hasil yang relevan dari pencarian mereka. Jujur saja masih banyak PR untuk meningkatkan performa search & discovery di Tokopedia, tapi akan kita coba tackle satu-satu.

Nah, sekarang ini kan lagi beken istilah mobile-first. Penting banget memang, bahkan ada sebuah report yang menyatakan bahwa:

Seventy-five percent of internet use will be mobile in 2017

Dahsyat kan.


Jadi, di Tokopedia kami juga sudah beberapa waktu ini mulai untuk banyak melakukan perbaikan di semua environment mobile. Lingkup artikel ini akan simple saja, tampilan search icon/ bar itu sendiri, khususnya di aplikasi Android Tokopedia.

Awalnya tampilan home/beranda di aplikasi Android terlihat seperti ini:

versi 2.2.1

Di toolbar terdapat icon hamburger menu, tulisan Tokopedia, search icon, dan shopping cart icon.

Konten dari halaman itu ada banner promo, widget digital goods, serta link ke kategori-kategori produk yang ada di Tokopedia.

Setelah kami analisa, ternyata user journey dari para pengguna aplikasi Tokopedia yang ingin menggunakan fitur pencarian itu sebagian besar seperti ini:

Home > Kategori >Search

Waduh, kenapa seperti ini? Kenapa bukan Home langsung ke Search? Kenapa harus melalui Kategori terlebih dahulu? Setelah diperhatikan lagi, kategori produk memang cukup dominan di beranda dengan icon warna-warninya, dan ketika membuka halaman kategori tampilannya terlihat seperti ini:

Versi 2.2.1

Terlihat bedanya? Di beranda, search hanya berupa icon, sedangkan ketika membuka kategori, search langsung terbuka dalam bentuk text field dengan tulisan “Cari di…” terpampang dengan jelas di bagian toolbar. Kami pun serentak tepok jidat semua ketika menyadari ini.

Setelah itu kami memiliki misi untuk memperbaiki user journey Home > Search di aplikasi Android. Tujuannya cukup jelas, tampilkan search bar di beranda! Bikin dia sejelas mungkin!

Ada beberapa keputusan yang harus diambil dalam perubahan ini. Salah satu yang utama adalah apakah harus mempertahankan tulisan Tokopedia di toolbar? Jika dipertahankan, ingin ditaruh di mana? Di dalam search bar seperti Google Play? Bikin toolbar menjadi 2 baris seperti Amazon?

Setelah banyak pembahasan, akhirnya kami memutuskan design ini:

versi 2.3

Tentunya akan terus kami analisa dan perbaiki kedepannya. Namun hasil awalnya saja ternyata sudah LUAR BIASA!

Dari sisi session, beginilah user journey Home > Search dari versi sebelum 2.3:

Hanya 1.84%!

(╯°□°)╯︵ ┻━┻

Setelah ada perubahan design yang cukup “sederhana”, jumlah session yang dari Home > Search itu menjadi seperti ini sejak versi 2.3:

 

 

Memang belum semua user Tokopedia sudah update ke versi terbaru, namun dari cukup banyak yang sudah update, perubahan behavior-nya sangat terlihat. Bayangkan, dari tidak mencapai 2% kini menjadi hampir 25%!

┬─┬ノ( º _ ºノ)

Dengan ini terbukti bahwa search bar jauh lebih dimengerti oleh lebih banyak pengguna aplikasi Tokopedia ketimbang hanya menampilkan search icon di beranda. User journey untuk para pengguna yang ingin melakukan pencarian pun berhasil kami “pangkas” satu langkah.

Dari:
Home > Kategori > Search
Menjadi:
Home > Search


Mobile-first memang adalah sebuah tantangan, karena ukuran layar yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan laptop/desktop. Pembahasan mengenai apa yang ditampilkan atau tidak menjadi lebih penting. Penemuan ini sendiri menjadi sebuah pembelajaran yang sangat berharga, dan akan menjadi point penting dalam banyak pembahasan di Tokopedia kedepannya.

Apa yang ditampilkan kemungkinan besar akan lebih banyak digunakan, namun kami sadar juga bahwa tidak mungkin semuanya bisa ditampilan di layar smartphone yang hanya segenggaman tangan. Kami akan terus menganalisa setiap komponen, mungkin justru ada yang harus dikeluarkan dari lingkup mobile.

Thanks for reading!

TL;DR: Mengubah tampilan search dari icon menjadi search bar di aplikasi Android Tokopedia membawa perubahan yang sangat signifikan.

Download aplikasi Tokopedia di Google Play Store.


Artikel ini pertama kali muncul di Tokopedia Product Team – Medium.


Sebelum kamu pergi

Kalau kamu suka dengan artikel ini, gunakan tombol-tombol di bawah untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu, dan daftarkan email kamu untuk mendapatkan update jika ada artikel baru.

One thought on “Semakin diperlihatkan, semakin digunakan”

  1. kalau boleh berbagi, gimana caranya monitor user behaviour ini?
    walaupun pekerjaan di bisang sysadmin tapi suka juga yg beginian 😀

    thx ya

Leave a Reply

Your email address will not be published.