Ringkasan drama GameStop dan /r/wallstreetbets 2021

Para pemain

  • Hedge fund, seperti Melvin Capital, Citron Capital.
  • GameStop ($GME), perusahaan retail video game terbesar di dunia.
  • Para user /r/wallstreetbets, sebuah subforum di reddit yang fokus membahas jual beli saham.
  • Aplikasi-aplikasi trading seperti Robinhood, yang menawarkan akses jual-beli saham dengan komisi 0%.
Staff Pick: 'The Usual Suspects' - Outtake by Tribeca ...

Beberapa istilah yang harus dimengerti

Hedge fund

Hedge fund bisa dibilang sebagai badan investasi khusus orang kaya (tidak semua orang bisa ikutan). Mereka sering kali menggunakan strategi investasi yang lebih kompleks seperti short selling, dan produk-produk investasi derivatif/turunan.

Regulasi terhadap hedge fund ini juga cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan badan-badan investasi yang lain.

Short

Short adalah strategi investasi yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari penurunan harga aset seperti saham.

Contoh: Joko memiliki 1000 lembar saham perusahaan A dengan harga pasar total 10 juta rupiah. Dian melakukan analisa dan memiliki keyakinan bahwa harga saham perusahaan A akan mengalami penurunan dalam waktu 1 bulan ke depan.

Agar bisa menikmati keuntungan dari penururan harga ini, Dian membuat kontrak dengan Joko dan meminjam 1000 lembar saham tersebut beserta biaya sewa saham selama 1 bulan, anggap saja biayanya 1 juta rupiah.

Dian kemudian langsung menjual 1000 lembar saham tersebut di harga pasar (anggap saja harganya masih 10 juta rupiah), dan berharap bahwa dalam satu bulan harga saham tersebut nilainya akan jatuh.

Jika ketika jatuh tempo, harga 1000 lembar saham itu menjadi hanya 5 juta rupiah saja, maka Dian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 5 juta untuk mengembalikan 1000 lembar saham tersebut ke Joko.

Mari kita coba hitung keuntungan yang didapat oleh Dian dari transaksi ini:

  • “Modal” 1 juta rupiah untuk bayar biaya sewa saham selama 1 bulan.
  • Menjual 1000 lembar saham dengan total harga 10 juta rupiah.
  • Membeli kembali 1000 lembar saham di akhir kontrak dengan harga 5 juta rupiah.
  • Rp 10,000,000 – Rp 1,000,000 – Rp 5,000,000 = Rp. 4,000,000.

Jadi dengan “modal” 1 juta rupiah, Dian bisa mendapatkan keuntungan sebesar 400% dari turunnya harga saham perusahaan A tersebut.

Cash Pay Women GIF  Find & Share on GIPHY

Naked short

Naked short mirip dengan short biasa, yang membuatnya berbeda adalah: saham yang di-short tersebut belum tentu benar-benar ada. Tidak ada saham yang berpindah secara riil, semua dilakukan “di bawah meja”.

Dalam kasus saham GameStop, para spekulan dari beberapa hedge fund, melakukan short sejumlah 140% dari TOTAL saham GameStop yang beredar di pasar. Sebuah angka yang tidak realistis.

140%?!

Kok bisa?

Jadi sebenarnya praktik naked short ini sudah ilegal di Amerika Serikat, namun karena adanya celah-celah pada peraturan yang ada, naked short ini masih bisa terjadi. Banyak hedge fund yang selama ini meraup keuntungan yang sangat besar dengan menggunakan teknik-teknik yang patut dipertanyakan seperti naked short ini.

Short squeeze

Sebuah aksi yang bertujuan utama untuk menggagalkan short/naked short yang ada dengan menaikkan harga saham tersebut tanpa mempedulikan fundamental saham yang ada.

Ingat, dalam kasus Joko dan Dian di atas, Dian harus mengembalikan 1000 lembar saham kepada Joko di akhir masa kontrak dengan membeli 1000 lembar saham dari pasar saham.

Apa yang terjadi jika ada pihak-pihak yang membeli saham perusahaan A dengan jumlah yang sangat banyak sebelum kontrak Dian jatuh tempo?

  • Supply lembar saham akan turun
  • Ketika permintaan lebih tinggi daripada pasokan yang ada, harga akan naik

Apa yang terjadi jika harga saham menjadi lebih tinggi dari harga ketika Dian meminjam saham tersebut dari Joko? Secara kontrak, Dian terikat untuk mengembalikan 1000 lembar saham kepada Joko terlepas dari harga pasar yang berlaku saat itu.

Pada skenario ini Dian bisa mengalami kerugian yang sangat besar.

Anggap saja harga 1000 lembar saham tersebut justru naik 10x lipat menjadi 100 juta rupiah. Dian harus membeli di harga tersebut agar bisa mengembalikan saham yang dipinjam kepada Joko.

Resiko maksimum dari Joko adalah kerugian 100% jika harga sahamnya turun menjadi Rp 0, namun potensi kerugian Dian bisa jauh melebihi 100% karena harga saham tersebut bisa naik secara drastis.

Inilah resiko dari strategi short, karena memiliki potensi kerugian yang tidak terbatas.

2d animation lemon squeeze GIF  Find on GIFER
Peres terooossss.

Apa yang terjadi?

GameStop adalah perusahaan retail video game terbesar di dunia, namun model bisnis mereka sedang terancam karena semakin banyak penjualan video game yang terjadi melalui jalur online.

Seiring dengan menurunnya penghasilan GameStop dari tahun ke tahun, ada beberapa hedge fund yang membuka posisi short terhadap saham GameStop.

Sebuah analisa yang sebenarnya cukup masuk akal. Banyak yang menyamakan GameStop dengan Blockbuster, bisnis sewa film yang akhirnya tergantikan oleh Netflix.

Mereka juga menyebarkan informasi mengenai posisi short mereka dengan harapan investor lainnya akan merasa bahwa saham GameStop ini memang patut dijual. Jika banyak pemegang saham GameStop yang menjual saham mereka, harga saham GameStop akan jeblok dan para hedge fund yang memiliki posisi short ini akan untung besar.

Wolf Of Wall Street GIF  Dance Funny Leo GIFs  Wolf of wall street, Gif  dance, Street dance

Sekitar 1 tahun lalu, ada salah satu user forum /r/wallstreetbets dengan username delaneydi yang memberikan analisa sanggahan di thread ini. Menurut analisanya, GameStop sebenarnya masih memiliki cash position dan cash flow yang tergolong sehat, jadi saham GameStop itu sebenarnya undervalued.

Awalnya banyak yang menertawakan analisa itu, namun lama-lama semakin banyak yang menganggap serius hal ini.

Sebelum kita lanjut, ada satu lagi hal yang harus diperhatikan: jumlah investor retail di Amerika meningkat banyak selama pandemi.

Individual investors made their presence felt in 2020. According to Bloomberg Intelligence via The Wall Street Journal, individual investors made up an estimated 19.5% of U.S. equity trading volume. This was a jump of over 4% compared to 2019 and a doubling compared to 2010.

2020 Was a Big Year for Individual Investors

Orang-orang yang ingin membuka akun jual beli saham semakin juga semakin dipermudah menggunakan aplikasi-aplikasi seperti Robinhood.

Jumlah investor retail yang semakin banyak dan akses informasi yang terbuka melalui internet ternyata menjadi resep yang luar biasa untuk para investor retail ini bisa berdiskusi, membagikan strategi mereka, dan bersatu melakukan aksi jual beli.

Banyak dari mereka bergabung di /r/wallstreetbets.

/r/wallstreetbets memiliki 7.2 juta pengguna, per 31 Januari 2021.

Diskusi mengenai GameStop semakin ramai dan ada yang menyadari bahwa jumlah posisi short yang ada itu melebihi jumlah saham GameStop yang ada. Semua informasi ini memang tersedia di internet.

/r/wallstreetbets menilai bahwa ini adalah sebuah kesempatan emas untuk melakukan short squeeze.

Ketika Citron Research sharing tentang posisi short GameStop mereka, user /r/wallstreetbets menjadi semakin aktif dalam membahas Citron, dan hedge fund lainnya yang memasang posisi short di beberapa saham, terutama GameStop.

User /r/wallstreetbets beramai-ramai membeli saham-saham tersebut dengan harapan bisa membuat para hedge fund ini rugi besar.

Kampanye short squeeze yang dilakukan /r/wallstreetbets ini mulai diliput mediamedia mainstream.

Elon Musk juga nge-tweet mengenai ini:

Ketika itu, banyak sekali yang terjadi dalam waktu yang berdekatan:

  • Para hedge fund dituduh berbohong bahwa mereka sudah menutup posisi short mereka untuk membuat /r/wallstreetbets lengah.
  • Server discord /r/wallstreetbets di-ban.
  • /r/wallstreetbets tiba-tiba berubah menjadi private (sementara, namun cukup membuat banyak kebingungan. Ini respon dari moderator /r/wallstreetbets)
  • Beberapa aplikasi jual-beli saham seperti Robinhood secara sepihak menutup akses beli saham saham yang dianggap bermasalah. Sekarang ini mereka sedang menghadapi penyidikan dan gugatan class action atas keputusan tersebut.
  • Ketika investor Amerika kesulitan membeli saham-saham tersebut, investor retail global yang memilliki akses ke saham Amerika pun ikut membeli sebagai bentuk dukungan.
  • Beberapa hedge fund dilaporkan mengalami kerugian hingga 70 milyar USD karena short position mereka tahun ini.
  • User /r/wallstreetbets mulai melakukan kampanye di dunia nyata dengan membeli slot iklan di beberapa billboard. Beberapa dari mereka juga mendonasikan keuntungan yang mereka dapatkan untuk rumah-sakit anak-anak.

Drama ini pasti masih akan berlanjut. Saya sendiri merasa kejadian ini adalah salah satu moment yang cukup bersejarah karena kini investor retail memiliki cara untuk melawan bandar hedge fund.

Kaya vs Miskin

Kejadian ini juga menyulut debat antar kelas sosial. Ini adalah isu besar yang terpendam di Amerika sejak lama. Satu alasan besar kenapa kejadian ini sangat menggugah emosi investor retail di Amerika. Banyak dari mereka yang masih merasakan efek dari krisis moneter tahun 2008 yang lalu.

Banyak juga kasus finansial lain, yang jika dilakukan oleh orang yang kaya atau berkuasa, tidak ada konsekuensi yang berarti buat mereka.

Banyak anggota /r/wallstreetbets yang membeli saham GameStop bukan semata-mata untuk mencari keuntungan. Mereka berani membeli ketika harga sedang tinggi-tingginya, dengan kesadaran bahwa mereka mungkin tidak akan mendapatkan keuntungan dari pembelian tersebut.

Mereka menganggap bahwa itu adalah sumbangan mereka untuk gerakan sosial dan demokratisasi pasar ke tangan kelas pekerja.

Ini adalah moment ketika “Wall Streeters” bisa merasakan hal yang sama dengan yang selama ini mereka lakukan untuk mendapatkan keuntungan.

Video ini juga memberikan overview yang menarik mengenai cerita David vs Goliat ini, dan bagaimana pemerintah dan beberapa media langsung ingin merelegulasi investor retail tanpa mempedulikan jika hal-hal serupa dilakukan oleh Wall Street.

Apakah hal ini bisa terjadi di Indonesia?

Menurut saya, seharusnya belum bisa mencapai level GameStop dan /r/wallstreetbets dalam waktu dekat ini.

Satu, jumlah investor retail di Indonesia, meskipun turut naik banyak selama masa pandemi, rasanya belum cukup signifikan jika dibandingkan dengan Amerika.

Dua, minimnya instrumen finansial derivatif yang tersedia untuk investor retail di Indonesia.

Tiga, regulasi pasar saham yang (setahu saya) lebih ketat dibandingkan dengan Amerika. BEI bahkan bisa menutup pasar short selling jika diperlukan. Seperti yang dilakukan pada tahun 2020 kemarin untuk menghindari tekanan tambahan pada pasar yang sudah mulai terpukul oleh pandemi Covid-19.

Empat, belum ada forum nasional sebesar reddit dan salah satu turunannya, yaitu /r/wallstreetbets.

What’s next?

Drama ini pasti masih akan berlanjut minggu depan, ketika pasar saham Amerika dibuka kembali. Sekarang ini pun media, pemerintah, serta tentunya para hedge fund dan investor retail masih sedang berperang narasi.

Banyak pihak yang ingin meregulasi investor retail karena mereka dianggap melakukan manipulasi pasar.

Namun banyak juga yang membela hak investor retail untuk berdiskusi secara terbuka di dunia maya.

Isu ini patut untuk diikuti karena akan memiliki efek jangka panjang untuk dunia investasi ke depannya.

Saya juga cukup yakin kejadian ini nanti akan ada filmnya. Mirip seperti film The Big Short yang menceritakan tentang krisis moneter 2008.


Sebelum kamu pergi

Kalau kamu suka dengan artikel ini, gunakan tombol-tombol di bawah untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu, dan daftarkan email kamu untuk mendapatkan update jika ada artikel baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.