Fitur search baru di Tokopedia ini membuat pencarian barang jadi 100% lebih baik.

Ketika saya dulu masih menjadi Product Owner untuk Search and Discovery di Tokopedia, salah satu isu yang benar-benar ingin kami atasi adalah produk-produk dengan judul produk yang berusaha mencurangi sistem pencarian di Tokopedia.

Apakah kalian pernah mencari produk, anggap saja jam tangan merk Seiko, tetapi yang muncul adalah jam tangan Casio bukan Seiko Citizen Timex. Atau ketika mencari cover mobil untuk Xenia misalnya, tapi yang muncul malah cover mobil untuk Rush not Avanza Xenia Jazz.

Menurut kami waktu itu, hal ini sangat menganggu dan menurunkan kualitas hasil pencarian produk, karena produk-produk yang tidak relevan bisa muncul di hasil pencarian.

Ada beberapa approach yang sempat dipertimbangkan. Salah satunya adalah memberikan penalti skor pencarian untuk produk-produk yang menggunakan taktik ini secara tidak semestinya. Jadi untuk produk-produk yang ketahuan menggunakan taktik tersebut, akan diturunkan posisinya di hasil pencarian.

Alternatif lainnya adalah menambahkan search operator menggunakan tanda minus (-) untuk exclude keywords, seperti yang dilakukan oleh Google. Namun tantangannya adalah bagaimana mengkomunikasikan fitur ini dengan mudah ke user Tokopedia.

Sayangnya sebelum kami sempat meng-goal-kan fitur ini, saya memutuskan untuk pindah ke pekerjaan di tempat lain pada tahun 2017.

Beberapa tahun kemudian, fitur exclude keyword ini akhirnya muncul 😁

Senang banget rasanya, dan saya suka dengan implementasinya.

Di Tokopedia filter ini namanya ‘Sembunyikan barang’. Menurut saya versi aplikasi-nya sudah cukup baik mengkomunikasikan cara menggunakan search operator ini.

Menggunakan filter ini, kita bisa memasukkan kata-kata kunci yang ingin kita sembunyikan dari hasil pencarian.

Jika kamu menggunakan filter tersebut, maka Tokopedia akan mencari dengan tambahan search operator seperti ini:

seiko -"bukan" -"not" -"no"

Sekarang ini tampilan filter ini belum tersedia di versi desktop maupun mobile web, namun kamu tetap bisa menggunakan filter ‘Sembunyikan barang’ dengan menggunakan search operator ini di kotak pencarian:

keyword -"exclude1" -"exclude2" -"exclude3"
Bisa digunakan juga di versi desktop.

Sekali lagi menurut saya sebagai user, fitur ‘Sembunyikan barang’ ini sangat berguna.

Mungkin tim Tokopedia sudah memikirkan hal serupa atau bahkan yang lebih keren lagi, tapi saya kepikiran ide untuk pengembangan filter ini agar lebih mudah digunakan:

  • User bisa menambahkan keyword-keyword ‘Sembunyikan barang’ favorit secara semi-permanen. Mungkin ada space untuk 6 slot.
  • Atau ada history keyword ‘Sembunyikan barang’ yang bisa dipilih ulang di pencarian-pencarian berikutnya. Seharusnya ini lebih simple untuk di-develop.

Saya rasa dengan menerapkan salah satu hal di atas, filter ini bisa semakin mudah digunakan.

Saya sendiri memiliki daftar pencarian dengan filter dan pilihan urutan produk yang sering saya lakukan.

Untuk pencarian-pencarian barang tersebut, saya sudah copy paste ke catatan terpisah. Kalau di smartphone Android, saya menggunakan aplikasi Hermit.

Saya akan jelaskan caranya di artikel berikutnya.

PS: Kalau ada tim search (PO, UIX, Devs, QA, dst) dari Tokopedia yang menbaca artikel ini, thank you for releasing this filter 😁


Sebelum kamu pergi

Kalau kamu suka dengan artikel ini, gunakan tombol-tombol di bawah untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu, dan daftarkan email kamu untuk mendapatkan update jika ada artikel baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.